Kerja Berjam-jam di Depan Komputer, Ketahui Efek Buruk Kesehatan Anda Versi SehatQ!

  • Whatsapp
Kerja-Berjam-jam-di-Depan-Komputer-Ketahui-Efek-Buruk-Kesehatan-Anda-Versi-SehatQ
Gambar dari Canva

Dewasa ini, orang-orang bisa melakukan aktivitas multitasking dengan gawai atau komputer kapan saja. Laptop yang portable memudahkan pekerjaan yang bisa Anda lakukan di mana saja asal ada jaringan internet. Namun, pastikan Anda memakai kacamata anti radiasi untuk mencegah dampak buruk kesehatan akibat terlalu lama terpapar radiasi elektronik.

5 masalah kesehatan yang acap dialami pekerja dengan komputer

Kini orang bisa bekerja dari rumah mengandalkan internet dan perangkat komputer saja. Bekerja di depan layar dengan durasi berjam-jam bisa memicu masalah kesehatan yang wajib Anda ketahui sejak dini. Berikut masalah kesehatan yang bisa Anda alami bila terlalu lama di depan komputer yaitu :

1. Pusing

Pusing merupakan tanda bahwa Anda wajib mengistirahatkan mata dan tubuh dari komputer. Bekerja yang terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala karena radiasi sinar biru. Pastikan Anda memilih set komputer yang memiliki layar berkualitas dan melakukan pekerjaan dari jarak minimal tiga puluh senti.

2. Mengalami masalah penglihatan

Kerja berjam-jam dan terpapar radiasi terus menerus bisa menyebabkan masalah penglihatan. Anda akan mengalami mata yang lelah, penglihatan kabur, mata terasa kering, dan sebagainya. Masalah penglihatan berupa mata minus dan plus yang semakin parah juga harus Anda waspadai mulai sekarang.

3. Terkena sindrom carpal tunnel

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian orang yang bekerja di depan komputer acap terkena sindrom carpal tunnel. Sistem saraf di bawah pergelangan tangan Anda bisa mengalami kesemutan yang akhirnya menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti lengan, bahu, leher, dan lain-lain. Efek buruk pelemahan otot hingga tidak bisa memegang benda ringan pun sangat berbahaya, termasuk impotensi pada sebagian pria dengan sindrom ini. Ngeri, ya?

4. Sakit punggung

Masalah kesehatan yang umum dikeluhkan oleh pekerja di depan komputer berjam-jam adalah sakit punggung. Biasanya sakit punggung menjalar hingga bagian otot leher yang terasa kaku. Hal ini bisa disebabkan oleh pemilihan kursi di depan komputer yang tidak benar dan pemilihan meja kerja yang terlalu tinggi atau rendah. Guna menghindari masalah kesehatan lebih serius, ada baiknya Anda mengetahui cara menekan risiko penyakit dengan memastikan posisi kerja sudah benar.

5. Cedera peregangan

Bisa jadi otot dan tulang tubuh Anda mengalami kaku dan perlu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh kembali. Jangan sampai pekerjaan Anda yang terus menerus memicu cedera regangan yang berulang sehingga rasa sakit tetap timbul meski Anda sudah mencoba istirahat. Bila menemukan gejala yang mengarah pada masalah kesehatan akibat terlalu lama duduk di depan komputer, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi dan penanganan lebih lanjut.

Bekerja terlalu lama di depan komputer juga bisa memicu masalah ambeien, sembelit hingga dehidrasi. Anda yang terlalu fokus bekerja sampai lupa harus berdiri sebentar tiap satu atau dua jam, minum air putih yang banyak dan olahraga yang rajin menjadi penyebab utama semua masalah kesehatan. Pekerjaan yang menumpuk tanpa prioritas kesehatan bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur dan stress atau depresi.

Supaya Anda bisa menyeimbangkan gaya hidup sehat, tetap utamakan melakukan olahraga dan istirahat yang rutin. Jangan lupa untuk memakai kacamata anti radiasi yang bisa menekan dampak buruk paparan radiasi komputer berlebihan. Anda bisa membeli produk orisinal yang telah memiliki review kredibel di media. Dapatkan ragam informasi seputar produk kesehatan, tips dan trik serta konsultasi dokter gratis atau berbayar hanya di SehatQ. Anda bisa mengakses laman resmi lewat ponsel atau PC sesuai kebutuhan di rumah atau di mana saja, kok.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *